Profil Klub Sepak Bola Raksasa : FC Barcelona

Mengenal Barcelona FC Sang Raksasa Sepak Bola Dari Spanyol

Profil Klub Sepak Bola BarcelonaFútbol Club Barcelona, atau biasa dikenal dengan sebutan sebagai Barcelona FC atau El Barça, (bersumber dari Wikipedia indonesia) ialah sebuah klub raksasa sepak bola profesional Eropa yang bermarkas di kota Barcelona-Catalunya, negara Spanyol. Menurut catatan sejarah, klub bola ini didirikan oleh sekelompok pemain Swiss, Inggris dan Catalan yang dipimpin oleh Joan Gamper pada sekitar tahun 1899. Dan seperti yang telah diketahui sebagian besar fansnya, klub sepak bola raksasa ini kini telah menjadi simbol budaya Catalan dan Catalanisme, yang mempunyai semboyan “Més que un Club” yang berarti dalam bahsa indonesia adalah “Lebih dari sebuah Klub”.

Tidak seperti kebanyakan klub sepak bola di eropa lainnya, dalam organisasi El Barca, para fans dan pendukung merasa memiliki dan diajak untuk mengoperasikan klub bola Barcelona ini. Oleh karena itu, tak mengherankan Barcelona berhasil menjadi klub sepak bola terkaya di dunia dalam hal pendapatan, dengan omset pendapatan tahunan paling besar yaitu senilai sekitar €560,8 juta dan menjadi klub paling berharga seantero dunia dengan nilai mencapai lebih dari US$ 3,56 miliar, sungguh nilai yang cukup fantastis bukan?

Klub sepak bola besar ini juga mempunyai lagu kebangsaan resmi, yang berjudul “Cant del Barça”, yang diciptakan oleh Jaume Picas dan Josep Maria Espinas, pencipta lagu terkenal di dataran eropa asal Spanyol. Prestasi yang sangat membanggakan adalah, El Barca telah resmi masuk menjadi peserta Primera División (Divisi Utama) di La Liga sejak tahun 1928 hingga sekarang, dan klub lain yang mencapai rekor ini adalah Real Madrid dan Athletic Bilbao juga menjadi tim sepak bola liga Spanyol yang tak pernah terdegradasi / turun kasta ke Segunda División (Divisi Dua) hingga sekarang.

Klub bola tempat bernaung Messi ini juga menjadi klub yang menjuarai La liga Spanyol untuk pertama kali. Dan dengan persembahannya antara lain: 23 gelar di Liga sepak bola Spanyol, 25 gelar Copa del Rey, 10 gelar Piala Super Spanyol, 5 gelar Liga Champions Eropa, 4 gelar Piala UEFA, 4 gelar Piala Super Eropa, kini FC Barcelona menjadi salah satu tim sepak bola paling sukses di Spanyol, Eropa, dan bahkan di seantero dunia.

Bukti paling nyata Barca menjadi tim bola tersukses adalah ketika pada tahun 2009 yang lalu FC Barcelona telah berhasil menjadi klub bola asal Spanyol yang pertama kali yang berhasil meraih gelar paling bonafit, yaitu Treble dengan menjuarai tiga kompetisi sepak bola sekaligus di benua biru, antara lain menjadi juara untuk La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions.

Profil Klub Sepak Bola BarcelonaTak berhenti hingga disitu, Barca pun melanjutkan kesuksesannya dengan berhasil meraih gelar di Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub FIFA. Dengan tambahan medali tersebut maka gelar untuk Barcelona berubah menjadi Sextuples, sungguh mantap! Dengan demikian, untuk kesekian kalinya Barcelona adalah merupakan klub sepak bola pertama di dunia yang telah berhasil mendapatkan gelar Sextuples, dan belum ada tim sepak bola lain yang berhasil menyamai gelar Barcelona ini.

Profil Klub Sepak Bola Raksasa : Penggemar Barca Juga Sering Disebut Culés.

Barcelona FC merupakan tim sepak bola yang paling didukung oleh para penggemarnya di dunia, klub inipun mempunyai akun halaman dimedia sosial yang jumplah pendukungnya terbesar di antara seluruh tim olahraga, bahkan diluar cabang sepak bola sekalipun. Para pemain sepak bola profesional asal Barca juga telah memenangkan catatan jumlah penghargaan Ballon d’Or terbanyak, yaitu 11 kali, dan banyak juga catatan jumlah penghargaan dari FIFA dengan gelar World Player of the Year sebanyak 7 kali.

Ditahun 2010 yang lalu, klub inipun juga berhasil membuat sejarah disaat ketiga pemain bola terbaiknya yang datang melalui akademinya yaitu antara lain Messi, Iniesta dan Xavi Fernandes terpilih oleh FIFA sebagai tiga pemain bola terbaik di dunia, dan mereka berhak untuk memdapatkan posisi ditempat teratas di FIFA Ballon d’Or, prestasi inipun belum pernah terjadi sebelumnya sepanjang sejarah sepak bola di dunia dimana para pemain terbaik dunia berasal dari dari sekolah sepak bola yang sama. Itulah sekilas pandang tentang profil salah satu klub sepak bola raksasa dunia tersukses asal Spanyol, yaitu Barcelona FC

Berita Taruhan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *