10 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Manchester United

Gol Wayne Rooney ke gawang Stoke City pada pekan 22 Premier League yang berlangsung akhir pekan lalu, menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Manchester United dengan 250 gol, melewati rekor 249 gol Sir Bobby Charlton.

Bomber berusia 31 tahun itu pun menambah catatan apik setelah sebelumnya memecahkan rekor pencetak gol terbanyak Timnas Inggris, dan juga jumlah penampilan Charlton. Tak pelak nama Rooney kini masuk dalam sejarah legenda Setan Merah.

Termasuk Rooney, kini kami coba menjabarkan 10 pencetak gol terbanyak sepanjang masa Manchester United. Siapa saja mereka? Berikut penjabarannya:

10. Paul Scholes (155 Gol)

Manchester United v Barcelona - UEFA Champions League Semi Final

Salah satu alumni akademi klub 1992 yang beken bersama Gary Neville, Phil Neville, Nicky Butt, dan David Beckham. Scholes merupakan salah satu gelandang andalan Sir Alex Ferguson.

Sebagai gelandang, Scholes produktif mencetak gol karena spesialisasinya dalam mengeksekusi tendangan jarak jauh. Sejak bermain di tim senior pada 1992 dan terus bermain hingga 2013 (ia sempat pensiun pada 2011-2012), Scholes sudah mencetak 155 gol.

Dari banyaknya catatan gol itu, bisa jadi golnya ke gawang Barcelona di Champions League 2008, merupakan yang terbaik. Apalagi Man United menjadi juaranya musim itu. 

9. Mark Hughes (163 Gol)

Mark Hughes of Manchester United and Jon Hallworth of Oldham

Kini Hughes menjabat sebagai pelatih kondang di Inggris, karena ia pernah melatih Blackburn Rovers, Manchester City, Fulham, Queens Park Rangers (QPR), dan kini melatih Stoke City.

Namun Hughes tetap masuk dalam buku sejarah Man United dari segi gol yang ditorehkannya. Bermain di Man United dalam dua periode, 1980-1986 dan 1988-1995, Hughes total mencetak 163 gol.

Gol-gol yang paling dikenang dari Hughes terjadi pada final FA Cup 1990 dan UEFA Cup 1991, dua trofi besar itu merupakan dua trofi pertama Ferguson untuk Setan Merah.

8. Ryan Giggs – 168 Gol

Celtic v Manchester United - UEFA Champions League

Satu lagi legenda Man United yang masih menjadi idola publik Old Trafford hingga saat ini. Giggs juga berasal dari akademi klub, promosi ke tim utama pada 1990 dan terus bermain di sana hingga 2014.

Berposisi sebagai penyerang sayap yang punya kaki kidal, Giggs tak hanya lihai memberi assist atau membuka ruang bagi rekan setimnya, karena ia juga mahir mencetak gol.

Di usia senjanya, Giggs sempat bertransisi sebagai gelandang, karena kecepatannya sudah mulai berkurang. Namun visi bermainnya tetap membantu tim. Selama dedikasinya itu, Giggs telah mencetak total 168 gol dan kini, ia menekuni profesi di karier kepelatihan.

7. Joe Spence – 168 Gol

Joe Spence (Foto: Internet)

Jangan harap namanya familiar bagi fans Man United yang hidup di masa kini, karena Spence bermain bersama Manchester Merah pada kurun waktu 1919-1933.

Dalam enam musim, Spence merupakan top skor Man United, yang kala itu belum setenar saat ini dan lebih sering bermain inkonsisten. Namun Spence tetap tercantum dalam buku sejarah klub sebagai salah satu pemain paling produktif yang pernah dimiliki Setan merah

6. George Best – 179 Gol

George Best commemorative banknote

Salah satu legenda terbaik Man United yang menjadi ikon klub, terutamanya dengan nomor 7 yang beken dikenakannya. Patung Best sampai didirikan di depan Old Trafford, bersama dengan Denis Law dan Charlton.

Penyerang sayap yang juga dapat bermain sebagai gelandang serang ini merupakan alumni akademi Man United, yang bermain untuk tim senior pada kurun waktu 1963-1974. 

Bersama Man United, Best meraih enam trofi dan telah mencetak total 179 gol. Ia juga salah satu dari total empat pemain Man United yang pernah meraih Ballon d’Or.

5. Dennis Viollet – 179 Gol

Dennis Viollet (Foto: Internet)

Legenda yang juga saksi tragedi Munich Air Disaster yang terjadi pada 1958 – bersama Charlton. Viollet namun telah meninggal pada 6 Maret 1999. Kendati demikian, namanya tetap masuk dalam sejarah klub.

Alumi akademi yang bermain pada kurun waktu 1953-1962 ini mencetak total 179 gol, hebatnya, ia salah satu korban selamat yang berjuang melawan cedera parah pada bagian wajahnya. 

Selepas tragedi itu, Viollet memiliki mental baja dan melanjutkan permainannya, mencetak 32 gol dari 36 laga pada musim 1959/60 – rekor baru bagi Man United.

4. Jack Rowley – 211 Gol

Jack Rowley (Foto: Internet)

Sama saja seperti Spence, nama Rowley juga tidak terlalu familiar karena ia bermain pada kurun waktu 1937-1954, bahkan kariernya sempat terhambat karena Perang Dunia II.

Kendati demikian, catatan gol Rowley tak bisa begitu saja dilupakan. Ia mencetak total 211 gol dari total 424 penampilannya bersama Man United.

3. Denis Law – 237 Gol

Investitures Awarded At Buckingham Palace

Datang dari Torino pada 1962 dan bermain di Man United hingga 1973, Law juga mencatatkan namanya dalam sejarah pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub.

Diwarnai dengan sejarah pencetak gol terbanyak dalam satu musim – 46 gol pada musim 1963/64 – Law total mencetak 237 gol dari total 404 penampilan. Patungnya pun berdiri tegak di Old Trafford bersama Best dan Charlton.

2. Sir Bobby Charlton – 249 Gol

Swansea City v Manchester United - Premier League

Nama yang familiar dan tentunya Anda sering melihatnya menghadiri laga-laga Man United bersama istrinya di dalam stadion. Dewan kehormatan Man United dan telah bermain selama 17 tahun bersama Man United. Dia juga merupakan salah satu saksi hidup Munich Air Disaster pada 1958.

Bermain pada periode 1956-1973, Charlton total mencetak 249 gol bagi Man United dan juga sempat menempati top skor sepanjang masa Timnas Inggris – sebelum diewatii oleh Rooney.

1. Wayne Rooney – 250 Gol

FBL-ENG-PR-STOKE-MAN UTD

Ferguson benar-benar menunjukkan kejeliannya melihat potensi pemain muda. Membeli Rooney dari Everton pada 2004, siapa sangka kini sang pemain memecahkan rekor demi rekor di usia 31 tahun.

Total 544 penampilan dicatatkannya untuk Man United dan gol tendangan bebasnya ke gawang Stoke pekan lalu, menjadi gol ke-250 dan jadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Man United.

Ia masih aktif bermain dan masih bisa terus menetapkan standar tinggi yang sulit dikejar pemain-pemain Man United lainnya.

10 pencetak gol terbanyak sepanjang masa Manchester United, siapa saja mereka?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *