Manchester United 1-1 Arsenal: Mata dan Giroud Paksa Dua Tim Berbagi Poin

​Manchester United dan Arsenal harus rela mendapatkan satu poin ketika kedua tim bermain imbang dengan skor 1-1 di Old Trafford pada Sabtu (19/11). 

Tuan rumah membuka keunggulan melalui Juan Mata pada pertengahan babak kedua, namun gol Olivier Giroud jelang berakhirnya pertandingan membuat pertandingan berakhir dengan keadaan imbang.


Detil Pertandingan

Kedua tim datang ke pertandingan ini dengan keadaan yang bertolak belakang. Manchester United membutuhkan kemenangan untuk mengembalikan ritme permainan mereka, sementara Arsenal berada dalam posisi yang lebih baik namun memiliki target untuk mendekati papan atas klasemen sementara.

Hal ini menyebabkan pertandingan babak pertama berjalan dengan cukup terbuka, yang terlihat dari beberapa peluang yang tercipta melalui skema serangan balik yang diterapkan oleh kedua tim.

Tim tuan rumah lebih banyak menguasai bola dan mengancam gawang Arsenal yang dijaga oleh Petr Cech, namun kiper asal Republik Ceska tersebut tampil waspada untuk menjaga skor tetap imbang hingga berakhirnya babak pertama.

Sempat terjadi kontroversi pada pertengahan babak pertama ketika Nacho Monreal terlihat menjatuhkan Antonio Valencia di dalam kotak terlarang, namun Andre Marriner tidak menganggap kontak tersebut sebagai sebuah pelanggaran.

Pada babak kedua, Arsenal terlihat kesulitan untuk menekan pemain-pemain Manchester United yang tetap mampu menjaga dominasi penguasaan bola mereka pada pertandingan ini.

Manchester United v Arsenal - Premier League

Tekanan yang diterapkan tim tuan rumah terbayarkan ketika Paul Pogba memberikan umpan kepada Ander Herrera, yang meneruskannya ke Juan Mata. Mantan pemain Valencia ini tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mencetak gol pembuka pada menit ke-69.

FBL-ENG-PR-MAN UTD-ARSENAL

Gol tersebut menyebabkan The Gunners tampil lebih terbuka, dan Wenger memutuskan untuk menurunkan Olivier Giroud dan Alex Oxlade-Chamberlain untuk menambah daya gedor lini depan timnya.

Keputusan tersebut berbuah manis pada satu menit sebelum berakhirnya waktu normal ketika Giroud mencetak gol melalui umpan silang yang diberikan oleh Oxlade-Chamberlain.

Gol tersebut memastikan kedua tim bermain imbang dengan skor 1-1.


Susunan Pemain

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Valencia, Jones, Marcos Rojo, Darmian (Blind 64′); Carrick, Herrera; Mata (Schneiderlin 85′), Pogba, Martial (Rooney 63′); Rashford.

Pemain pengganti tidak dimainkan: Romero, Lingard, A. Young, Memphis.

Kartu kuning: Matteo Darmian (25′), Juan Mata (69′), Wayne Rooney (90’+4′).

Pencetak gol: Juan Mata (69′).

Arsenal (4-2-3-1): Cech; Jenkinson (Oxlade-Chamberlain 84′), Mustafi, Koscielny, Monreal; Coquelin (Xhaka 80′), Elneny (Giroud 73′); Walcott, Ozil, Ramsey; Alexis Sanchez.

Pemain pengganti tidak dimainkan: Ospina, Gibbs, Gabriel, Iwobi.

Kartu kuning: Alexis Sanchez (16′), Aaron Ramsey (86′), Granit Xhaka (90’+2′).

Pencetak gol: Olivier Giroud (89′).